Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease-2019 (COVID-19)

STIKes Kapuas Raya Sintang bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan virus corona di berbagai sekolah tingkat SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan beberapa instansi dan kantor yang ada di Kecamatan Sintang. Kegiatan ini berlangsung mulai dari hari Rabu, 11 Maret 2020 yang diwakili oleh dosen dan Mahasiswa STIKes Kapuas Raya Sintang, Guru dan Siswa SMK Kesehatan Kapuas Raya Sintang, beserta tim Dinas Kesehatan. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut mengetahui cara penggunaan masker yang benar, etika batuk, dan praktek Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan oleh salah satu Dosen STIKes Kapuas Raya Sintang Bapak Elvi Juliansyah, M.Si., M.Kes materi yang disampaikan selain dari pada mengenai virus corona juga virus-virus lainnya yang penularannya mirip dengan COVID-19, seperti SARS dan MERS. Berbeda dengan virus lainnya, COVID-19 dapat menyebabkan terjadinya Bronchitis dan Pneumonia terutama pada kelompok-kelompok yang beresiko seperti LANSIA atau orang yang beresiko tinggi, Balita, penderita ISPA, Asma, dan Imunitas yang rendah.

Kegiatan tersebut juga mengajarkan tanda dan gejala atau etiologi orang yang menderita virus corona, misalnya suhu badan, pilek, bersin, batuk berdahak yang kekuning-kuningan. Upaya pencegahan dan peningkatan kesehatan misalnya seperti meningkatkan hygiene sanitasi asupan gizi yang baik, aktivitas fisik, minum air yang cukup sehingga daya tahan tubuh lebih baik. Selain itu untuk kelompok-kelompok yang mudah tertular supaya menghindari keramaian, mengurangi aktivitas di luar rumah, menggunakan masker saat beraktivitas (bagi yang menderita flu atau batuk dan dalam kondisi sakit), mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas, tidak banyak menyentuh wajah. Jika batuk hendaknya menggunakan tissue atau lengan tangan bagian dalam sehingga tidak menularkan pada orang lain.

Bapak Elvi Juliansyah, M.Si., M.Kes juga meyampaikan bahwa ini adalah sebagai contoh bahwa kita memiliki peran terhadap dunia kesehatan dalam upaya meningkatkan kesehatan, mencegah, dan melakukan perlindungan penyakit. Upaya preventif dan promotif hendaknya menjadi prioritas tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Pihak sekolah mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh STIKes Kapuas Raya Sintang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

About admin

admin

Check Also

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Baru STIKARA

Bupati Sintang dr.H.Jarot Winarno, M.Med.PH, telah meresmikan peletakan batu pertama pembangunan gedung ruang teori dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *