Sejarah

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KAPUAS RAYA

Secara geografis letak Kabupaten Sintang berada dibagian Timur Wilayah Kalimantan Barat, yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Kota Sintang memiliki jarak dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat 410 Km dari Pontianak Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sintang berbatasan dengan Serawak dan Kabupaten Kapuas Hulu (sebelah utara), Kabupaten Melawi (sebelah selatan), Wilayah Kalimantan Tengah (sebelah timur) Kabupaten Ketapang, Sanggau dan Sekadau (sebelah barat). Untuk membangun daerah perbatasan khususnya dibidang kesehatan, sangat diperlukan Sumber Daya Manusia yang memadai dengan ini Yayasan Sembilan Puluh Sembilan mendirikan sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang sehat. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 117/D/O/2009 tanggal 3 Agustus 2009 tentang Pemberian Ijin Program-program studi dan pendirian sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang yaitu Program Studi yaitu S1 Kesehatan Masyarakat, D3 Kebidanan dan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 185/KPT/I/2015 tanggal 11 Desember 2015 tentang pembukaan Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan Program Diploma Tiga pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang di Sintang yang diselenggarakan oleh Yayasan Sembilan Puluh Sembilan Sintang. Secara simbolis pelaksanaan kuliah perdana dibuka dan diresmikan oleh Bupati Sintang Bapak Drs. Milton Crosby, M.Si.

Susunan Pengurus Yayasan 99 Sintang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA) Sintang didirikan pada tanggal 3 Agustus 2009 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 117/D/O/2009 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang diselenggarakan oleh Yayasan Sembilan Puluh Sembilan di Sintang Kalimantan Barat, dengan 2 (dua) Program Studi yaitu Kesehatan Masyarakat jenjang program Sarjana (S1) dan Kebidanan jenjang program Dilpoma Tiga (DIII). Kemudian STIKARA Sintang menambah program studi Perekam dan Infromasi Kesehatan jenjang Diploma Tiga (DIII) berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 185/KPT/I2015 tentang Pembukaan Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan Program Diploma Tiga pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang yang diselenggarakan oleh Yayasan Sembilan Puluh Sembilan Sintang di Kabupaten Sintang.

MAKNA LOGO STIKARA

Makna lambang STIKARA Sintang adalah Logo secara keseluruhan bermakna sebagai Pohon Kalpataru, Pohon Kehidupan. Pohon Kalpataru mencerminkan STIKARA merupakan suatu lembaga pendidikan yang serasi, selaras dan seimbang yang menjadi pengayom, pelindung dan pusat ilmu kesehatan; Bentuk akar yang melengkung ke dalam (stilisasi lembaran buku terbuka membaca) menyelimuti hampir keseluruhan logo, bermakna STIKARA sebagai suatu lembaga yang “mengakar kuat dan berdedikasi untuk pendidikan”; Bintang pada bagian teratas logo, 9 kelopak bunga dan 9 mata tombak, merepresentasikan lembaga pendidikan yang memegang teguh prinsip “berke-Tuhan-an melalui simbol 99 (Asmaul Husna)”; Kepala kembar Burung Enggang, bermakna lembaga pendidikan yang memilki prinsip “keterbukaan dan pelayanan yang prima” serta sebagai penanda lembaga pendidikan yang berkedudukan di pulau Kalimantan; Kepala Burung Enggang yang berbentuk ujung mata pena yang mengarah pada buku (menulis) bermakna ketekunan, disiplin dan kerja keras dalam upaya pendidikan; Motif pilin dan lingkaran, seluruh motif bersambung menyimbolkan kegigihan belajar yang tiada henti, kerukunan dan kesatuan, serta corak khas Kalimantan. Bentuk lingkaran besar merupakan visualisasi globe, sesuatu yang besar, bentuk yang sangat eksklusif, menyiratkan lembaga pendidikan STIKARA Sintang memilki andil besar dalam menghasilkan lulusan yang dapat membaur, berguna dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Sambutan Ketua

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA) Sintang berhasil membangun website baru, dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi perguruan tinggi di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi di berbagai aspek. Pemanfaatan teknologi, Informasi dan komunikasi untuk mempermudah, mempercepat, dan memperluas jangkauan komunikasi, khususnya dalam hal proses belajar mengajar. Awal tahun 2020 merupakan momentum yang tepat bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA) Sintang untuk menghadirkan website dengan wajah baru (desain baru). Desain website kali ini sebenarnya sudah kali kedua sejak pertama website STIKARA Sintang diperkenalkan di tengah – tengah masyarakat. Website ini diharapkan dapat mempermudah dalam mengakses informasi tentang STIKARA Sintang lebih cepat. Dengan adanya website STIKARA Sintang dapat menunjukkan eksistensinya ditengah masyarakat dan sebagai media memperkenalkan profil STIKARA Sintang kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa lebih mengenal dan mengetahui segala macam aktivitasnya. Anda dapat mengunjung website STIKARA Sintang dengan alamat www.stikara.ac.id., dan Saudara dapat melihat aktivitas kami di You Tube ICT.STIKARA , Instagram klik stikara.sintang. Melalui keberadaan web STIKARA Sintang ini kami mengajak para lulusan SMA/MA baik Negeri dan Swasta menjadi mahasiswa STIKARA Sintang dengan mudah. Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim ICT STIKARA Sintang yang telah berhasil membangun website STIKARA Sintang yang baru, semoga dengan kehadiran website ini akan terjalin, komunikasi antar civitas akademika dan alumni serta masyarakat disekitarnya.

Visi Dan Misi Kami

Visi

Terwujudnya STIKes Kapuas Raya Sintang yang Unggul dan Profesional serta Berakhlak Mulia tahun 2024

Misi

Mengembangkan program kegiatan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada kompetensi, pengembangan soft skill dan hard skill serta penguasaan teknologi dan beretika budi pekerti; Mengembangkan program penelitian dalam bidang kesehatan yang berkontribusi bagi peningkatan kesehatan; Mengembangkan pengabdian pada masyarakat dalam bidang kesehatan yang berkontribusi bagi peningkatan kesehatan; Meningkatkan kerjasama lintas program dan sektor dalam ruang lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi secara lokal, nasional dan internasional sebagai upaya pengembangan Institusi dan prodi; Meningkatkan tata kelola institusi yang taat azas sebagai dasar perwujudan tata pamong yang baik (good governence).

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdaya saing dan berkarakter di bidang kesehatan; Menghasilkan karya-karya akademik dalam penelitian di bidang kesehatan; Mengimplementasikan ilmu pengetahuan kesehatan melalui pengabdian; Mengembangkan kerja sama ditingkat lokal, nasional dan internasional dengan stake holder dalam peningkatan institusi dan prodi; Mengimplementasikan tata kelola institusi dengan baik;